PPnBM adalah

Bukan hanya PPN, sebagai wajib pajak Anda juga ternyata harus membayar PPnBM untuk setiap kali Anda melakukan transaksi barang mewah. 

Pemerintah Indonesia secara resmi berencana melonggarkan PPnBM untuk pembelian mobil di bawah 1500 CC. Dalam hal ini, pengurangan PPnBM merupakan kebijakan perpajakan yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan penerimaan APBN. Selain itu upaya ini juga akan mendorong industri otomotif dalam negeri. 

Jadi apa sebenarnya PPnBM itu? Dan apa perbedaan antara PPN dan PPnBM? Pelajari lebih lanjut di artikel berikut. 

Apa itu PPnBM?

PPnBM adalah sebuah singkatan yang kepanjangannya adalah Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. PPnBM adalah pajak yang dikenakan kepada produsen barang mewah untuk memproduksi atau mengimpor barang tersebut. PPnBM biasanya termasuk dalam harga jual suatu produk dan dibayarkan oleh konsumen atas  pembelian produk tersebut. 

Dapat dikatakan juga bahwa PPnBM adalah pungutan wajib yang diserahkan kepada pemerintah atas transaksi pertama barang mewah. Artinya, penjualan barang bekas yang dilakukan oleh seseorang pada sebuah produk mewah tidak akan mengharuskan pihak terkait untuk melakukan pembayaran PPnBM. 

Dasar Pengenaan PPnBM 

Sebelum mengetahui cara menghitung PPnBM, Anda harus memahami dasar pengenaan PPnBM yang meliputi: 

  • Harga jual produk, yaitu harga produk ditambahkan dengan biaya tambahan yang dikenakan oleh penjual saat menjual produk tersebut
  • Nilai impor yang akan meliputi dari nilai cukai impor, uang dari biaya masuk saat impor,  serta pungutan lainnya 
  • Nilai ekspor yang akan meliputi semua biaya yang sudah ditanggung oleh para eksportir
  • Biaya penggantian yang sudah termasuk biaya penyerahan barang ekspor, serta biaya jasa kena pajak, dan biaya barang kena pajak. 
  • Nilai lain-lain

Perbedaan PPN dan PPnBM 

Meskipun PPnBM memiliki kesamaan istilah dengan PPN namun mereka berdua tetaplah berbeda, lantas apakah perbedaan PPN dan PPnBM? 

Pengenaan Pajak 

PPnBM adalah pajak yang akan dikenakan sebanyak satu kali saja, yaitu saat pertama kali barang tersebut ditransaksikan. Berbeda dengan PPN yang akan dikenakan pada setiap kali transaksi dilakukan dari pedagang besar hingga eceran. 

Jenis Pungutan 

Dari segi jenis pungutan, PPN adalah pungutan yang didasarkan atas nilai tambah dari barang tersebut. Sedangkan PPnBM adalah pajak yang akan dipungut hanya saat barang tersebut sudah termasuk ke dalam jenis barang mewah. 

Fasilitas Kredit 

PPN dapat dikurangkan dari pajak keluaran dan pajak masukan. Sedangkan PPnBM merupakan pajak yang tidak dapat dipotong melalui mekanisme ini. 

Fungsi PPnBM

Apa fungsi PPnBM sebagai salah satu penerimaan resmi negara? Berikut ini merupakan beberapa daftar penjelasan lengkapnya. 

  • PPnBM adalah penyeimbang beban pajak antara elit dan masyarakat umum 
  • PPnBM memiliki peran sebagai instrumen pengendalian konsumsi barang mewah BKP 
  • PPnBM merupakan bentuk perlindungan pemerintah terhadap produsen kecil dan menengah
  • Kontribusi PPnBM secara penuh akan menambah volume dari Penerimaan Anggaran Negara 

PPnBM Barang Mewah 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 42  tentang Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 2009 atau Undang-Undang PPN, barang-barang yang termasuk dalam contoh PPnBM antara lain sebagai berikut: 

  • Barang selain kebutuhan pokok masyarakat 
  • Barang-barang yang dikonsumsi oleh elit atau mereka yang berpenghasilan tinggi 
  • Barang yang hanya dikonsumsi oleh orang tertentu 
  • Barang yang konsumsinya menunjukkan kelas sosial

Tarif PPnBM

Setelah mengetahui secara rinci dari perbedaan antara PPN dengan PPnBM, serta mengetahui semua daftar barang yang tergolong mewah, maka kini sudah saatnya Anda belajar mengenai tarif PPnBM. Peraturan mengenai pajak ini sudah diatur pada UU Nomor 8 Tahun 1983 yang menerangkan tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai Tarif PPnBM:

  • Pengenaan tarif PPnBM yang paling kecil adalah pada 10%, sedangkan maksimum nilainya adalah 20%.
  • Adanya perbedaan pengenaan tarif PPnBM tersebut umumnya akan didasarkan atas klasifikasi dan kategorisasi barang tergolong mewah yang terdaftar dan terkena PPnBM
  • Sudah melakukan konsultasi dengan DPR

Namun agar pemerintah dapat memacu transaksi ekspor produk dalam negeri, PPnBM juga terkadang bisa bernilai 0%, apalagi ketika produsen kita memang sedang mengekspor barang mewah tersebut.

Selain itu, tarif PPnBM yang berlaku pada beberapa mobil dan barang mewah lainnya akan diberlakukan dengan cara mengalikan nilai dasar pengenaan pajak dengan nilai tarif PPnBM.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Motor Online, Mudah dan Praktis dari Rumah

Cara Hitung PPnBM

Berikut adalah sebuah contoh mengenai cara menghitung PPnBM untuk barang mewah, agar Anda bisa melakukan perhitungan terhadap bawang mewah yang Anda miliki.

Pak Hasan melakukan impor BKP (Barang Kena Pajak) mewah. Nominal atau nilai impor dari BKP tersebut adalah senilai Rp8.000.000. Sedangkan tarif PPnBM yang akan dikenakan pada barang tersebut misalnya adalah 10%.

Maka, Anda bisa menghitung dengan menggunakan nilai dasar pengenaan PPnBM adalah Rp 8.000.000 dengan tarif PPN 10%, maka:

PPN = Tarif PPN dikalikan dengan Nilai Dasar Pengenaan Pajak

PPN = 10% x Rp 8.000.000

PPN = Rp 800.000

Untuk cara menghitung PPnBM maka Anda bisa menghitung dengan cara sebagai berikut:

PPnBM = Tarif PPnBM dikalikan dengan Nilai Dasar Pengenaan Pajak

PPnBM = 10% x Rp 8.000.000

PPnBM = Rp 800.000

Maka total PPN adalah Rp 800.000 sedangkan tarif PPnBM Pak Hasan untuk barang tersebut adalah Rp 800.000.

Dampak Pemungutan PPnBM

Di bawah ini adalah pengaruh pengenaan tarif PPnBM pada Indonesia yg perlu Anda pahami, dengan begitu kita akan lebih termotivasi dalam pembayaran pajak.

Menambah Penerimaan Negara

PPnBM sebenarnya didasari agar pemerintah bisa mengamankan penerimaan negara. Dari penarikan pajak tersebut, pemerintah dapat menerima penambahan penerimaan yang selanjutnya juga kembali akan dinikmati oleh para warga Indonesia. 

Mengendalikan Konsumsi BKP

Mirip dengan fungsi cukai yang akan ditujukan untuk para masyarakat dan mengendalikan konsumsi rokok, PPnBM juga merupakan sebuah sarana untuk mengendalikan konsumsi BKP pada kendaraan beroda empat dan beberapa bawang mewah lain. Konsumsi yang lebih rendah akan menimbulkan lebih sedikit polusi & limbah yang akan mencemari lingkungan sekitar. 

Peningkatan Penjualan Kendaraan Bekas

PPnBM untuk beberapa kendaraan beroda empat yang dievaluasi tinggi dan tergolong mewah juga bisa menciptakan sebagian konsumen beralih ke bursa kendaraan beroda empat bekas yang akan bebas dari pajak dan harga yang lebih terjangkau. Dapat dikatakan bahwa PPnBM merupakan sebuah jalan buat mengalihkan porsi konsumsi kendaraan beroda empat baru ke kendaraan beroda empat bekas. 

Kenaikan Nilai Saham

Relaksasi PPnBm kendaraan beroda empat yang sempat diberikan oleh pemerintah juga telah  menciptakan nilai saham pada beberapa perusahaan otomotif mengalami kenaikan. Relaksasi PPnBM yang diberikan presiden memang berdampak pada kendaraan yang memiliki spesifikasi 1.500 cc untuk kategori sedan dan 4×2. 

Menurunkan Tingkat Emisi Gas Buang

PPnBM merupakan pajak yang tarifnya ditetapkan dari golongan jenis kendaraan mewah, hal tersebut juga berdampak pada penurunan tingkat emisi yang dihasilkannya. Karena untuk PPnBM kendaraan beroda empat yang menggunakan taraf emisi CO2 yang lebih rendah dari 150 gr per km akan dikenakan tarif PPnBM senilai 15%. 

Penutup

Nah, itulah artikel lengkap terkait apa itu PPnBM hingga cara menghitungnya. Sebagai salah satu sumber APBN, PPnBM merupakan penyeimbang pembebanan pajak antara warga kalangan kecil dengan warga kalangan atas. Dengan mengetahui pentingnya pemungutan PPnBM, semoga Anda semakin giat dalam memenuhi kewajiban sebagai wajib pajak ya!