Apa Itu Efilling? Berikut Panduannya

efilling pajak

e Filling Pajak adalah sebuah cara untuk menyampaikan SPT Tahunan dengan cara elektronik real time serta online lewat internet pada web DJP atau juga bisa pada aplikasi resmi agen pajak.

DJP atau Direktorat Jenderal Pajak sudah memberi himbauan WP OP atau Wajib Pajak Orang Pribadi untuk secepatnya menyampaikan SPT lewat e Filling di website resmi.

Jika anda memakai e filling, maka anda bisa melaporkan SPT kapan saja dan dimana saja secara cepat tanpa harus datang ke KPP untuk menghindari antrian.

Jika masih bingung, berikut akan kami jelaskan secara lengkap tentang pandungan lengkap cara lapor pajak online dengan efilling pajak.

1. Persiapkan Bukti dari Potong Pajak

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan anda sudah memperoleh dokumen berbentuk bukti potong pajak yang berasal dari perusahaan anda. Bukti potong 1721 A1 adalah bagi pekerja swasta serta bukti potong 1721 A2 adalah untuk para PNS. Apabila anda memang belum dapat, maka mintalah pada perusahaan atau juga bisa pada bendahara.

2. Membuat EFIN Serta Mendaftar Akun DJP Online

Anda juga harus melakukan aktivasi EFIN untuk buat akun DJP Online serta memakai layanan untuk pajak online. Sesudah EFIN anda terima sekitar 1 hari, maka silahkan masuk ke situs djponline.pajak.go.id lalu mengklik tombol Daftar. Kemudian silahkan anda isi kolom EFIN, NPWP serta kode keamanan kemudian lanjutkan dengan klik Verifikasi.

Sistem nantinya adalah mengirim identitas NPWP, link aktivasi dan juga password ke email yang sudah anda pakai untuk daftar dan silahkan anda klik pada link supaya akun DJP Online anda bisa aktif. Sesudah itu anda bisa login memakai password serta NPWP yang telah anda terima.

Panduan Mengisi Serta Lapor E Filing

Berikut ini akan kami jelaskan tentang panduan lengkap cara lapor pajak online dengan e filling memakai laptop atau juga bisa smartphone yang anda miliki.

efilling
  • Silahkan anda pilih e Filling kemudian pilih Buat SPT.
efiling spt
  • Silahkan anda jawab pertanyaan yang ada disitu kemudian masuk pada SPT 1770 SS
spt ss
  • Sesudah selesai jawab beberapa pertanyaan, silahkan klik pada SPT 1770 SS dan sesudah masuk silahkan anda isi data seperti status SPT normal, tahun pajak dan juga status SPT pembetulan.
Apa Itu Efilling? Berikut Panduannya 1
  • Isi juga beberapa data SPT yakni:
spt pajak
  • Nantinya, anda akan mendapatkan rangkuman SPT serta kode verifikasi lalu silahkan anda klik Disini. Nantinya akan ada pemberutahuan tentang kode verifikasi yang sudah dikirim pada nomor HP atau email anda.
pajak online
  • Ketik kode verifikasi, klik Kirim SPT lalu buka email dan anda akan mendapatkan BPE atau Bukti Penerimaan Elektronik pada email tersebut.
efilling pajak online

Demikian ulasan singkat dari kami tentang panduan lengkap cara lapor pajak online dengan EFilling Pajak.

Pastikan jika internet yang anda gunakan atau WiFi tetap stabil agar tidak terjadi error di tengah prosesnya. Semoga bisa bermanfaat.

baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *