cek tagihan pbb online

Dengan semakin canggihnya teknologi, berbagai keperluan dapat dilakukan secara online, termasuk didalamnya cek tagihan pajak. Saat ini cara cek tagihan PBB online dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Untuk memperlancar proses pembayaran pajak Anda, Anda bisa cek tagihan PBB online di internet.

Terdapat beberapa cara cek tagihan pbb online yang bisa Anda coba. Pada ulasan ini kami akan membagikan panduan mengenai cara cek tagihan pbb online, cek nop pbb online, serta cara cetak sppt pbb online. Semua informasi yang akan anda butuhkan dalam proses pembayaran pajak bumi dan bangunan. Simak uraian kami berikut.

Apa itu PBB?

PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan adalah pajak negara yang dikenakan atas bumi dan bangunan berdasarkan Undang Undang No.12 Tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan.

Nilai PBB bersifat kebendaan sehingga nominalnya ditentukan oleh kondisi objek pajak yaitu bumi / tanah atau bangunan, sehingga tidak dipengaruhi oleh keadaan pihak pembayar. Beberapa tempat yang tergolong sebagai bangunan, yaitu sebagai berikut:

  • Jalan lingkungan di suatu kompleks bangunan seperti pabrik, hotel, dan lain-lain, yang terintegrasi dengan kompleks bangunan.
  • Jalan tol, kolam renang, galangan kapal, pagar mewah, tempat olahraga, taman mewah, kilang minyak, pipa minyak, dan fasilitas lain pemberi manfaat.

Untuk membayar PBB, Anda perlu melakukan cek tagihan PBB online terlebih dahulu. Kemudian anda dapat mengurus SPPT yaitu Surat Pemberitahuan Pajak Terutang yang akan diperlukan sebagai dokumen bukti besar PBB terhutang. Selengkapnya akan kami jelaskan berikut.

Cara cek tagihan PBB online

Cek tagihan PBB online tersedia dalam berbagai cara. Anda dapat melakukan cek tagihan melalui website resmi maupun platform-platform yang bekerja sama seperti e-commerce. Dibawah ini kami uraikan tata caranya.

Cara cek PBB online dari situs resmi

Cek tagihan PBB secara online dapat dilakukan melalui situs resmi. Situs ini akan berbeda sesuai lokasi pembayaran pajak Anda. Anda bisa mengakses website kantor pajak daerah Anda dan mengikuti prosedur berikut:

  1. Akses situs resmi kantor pajak daerah
  2. Pilih menu BPHTB online
  3. Klik pengecekan PBB
  4. Masukan NOP (Nomor Objek Pajak), contoh 32.78.001.001.001.0001.0
  5. Selanjutnya akan muncul data PBB yaitu; NOP, alamat objek PBB, RT/RW objek PBB, kelurahan objek PBB, kecamatan objek PBB, luas tanah obyek PBB, luas bangunan objek PBB, NJOP tanah tahun berjalan, NJOP bangunan tahun berjalan, serta catatan pembayaran
  6. Apabila data PBB yang tercantum sudah benar, silakan klik “lanjutkan” untuk melakukan pembayaran PBB online
  7. Namun jika ada ketidaksesuaian, Anda dapat mengajukan perubahan data ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota masing-masing wilayah

Cek tagihan PBB Online melalui e-commerce

Selain melalui situs resmi kantor pajak wilayah, Anda juga dapat melakukan cek tagihan PBB online melalui e-commerce yang telah bekerja sama. Saat ini e-commerce yang didukung untuk cek tagihan dan pembayaran adalah Tokopedia dan Shopee. Anda dapat mengikuti tata cara dibawah ini:

  1. Buka aplikasi atau halaman resmi e-commerce
  2. Pilih layanan Top-Up & Tagihan
  3. Pilih fitur Pajak PBB pada kategori Layanan Pemerintah
  4. Pilih cluster serta kota atau kabupaten Anda tinggal
  5. Masukkan tahun dan nomor objek PBB yang Anda miliki
  6. Cek tagihan PBB online, maka rincian tagihan akan tampil
  7. Selanjutnya pilih opsi Bayar
  8. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan
  9. Notifikasi akan dikirimkan setelah transaksi berhasil

Baca juga: Cara Bayar Pajak Motor Online, Mudah dan Praktis dari Rumah

Cara cetak SPPT PBB Online

Sebelumnya, wajib pajak akan mendapatkan SPPT dalam bentuk cetak. Namun, saat ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) tidak lagi menerbitkan SPPT PBB-P2 berbentuk kertas dan membagikannya melalui kantor kelurahan. Wajib pajak saat ini dapat mengunduh dokumen tersebut dalam bentuk elektronik yang disebut e-SPPT. Dokumen selanjutnya dicetak dan diakui sebagai SPPT yang sah berikut dengan QR code serta penanda digital.

Untuk mendapatkan dokumen ini, wajib pajak harus mendaftarkan diri pada situs resmi yang telah tersedia dan melakukan verifikasi identitas. Tata cara cetak SPPT PBB Online sebagai berikut:

  1. Buka situs resmi PBB online sesuai wilayah, contoh https://pajakonline.jakarta.go.id/esppt
  2. Klik daftar e-SPPT PBB di pojok kanan halaman
  3. Lengkapi data identitas nama, NIK, NPWP, HP, email, dan verifikasi data seperti NOP PBB-P2 dan nama wajib pajak
  4. Jika verifikasi berhasil, sistem akan mengirim link pengunduhan e-SPPT ke email yang terdaftar
  5. Buka email yang didaftarkan untuk mendapat dokumen SPPT PBB
  6. Dokumen selanjutnya dapat anda unduh dan cetak untuk keperluan pembayaran

Cek NOP PBB Online

Terdapat kemudahan untuk wajib pajak di Jakarta dalam hal pengecekan NOP PBB online. 

Wajib pajak hanya perlu mengakses situs resmi Badan Pendapatan Daerah, kemudian wajib pajak dapat mengetahui NOP bersangkutan. Berikut prosedurnya:

  1. Akses website resmi BPRD Jakarta
  2. Pilih menu e-SPPT PBB-P2
  3. Kemudian pilih Informasi SPPT PBB
  4. Isikan NOP PBB-P2 serta NIK E-KTP Wajib Pajak
  5. NOP PBB akan muncul di layar

Besarnya Tarif PBB

Setelah mengetahui cara cek pbb online, mungkin anda bertanya-tanya apakah tagihan anda sesuai. Untuk mengetahui itu, anda perlu mempelajari cara menghitung biaya PBB. 

Jumlah pajak yang mesti dibayar dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, yaitu Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), Nilai Jual Kena Pajak (NJKP), dan Nilai Jual Objek Tidak Kena Pajak (NJOTKP). Tarif PBB yang dikenakan atas objek pajak adalah 0,5% sesuai dengan undang-undang.

Dalam perundang-undangan juga telah ditetapkan bahwa dasar pengenaan PBB adalah NJOP, yaitu harga rata-rata transaksi jual beli tanah. Nilai NJOP mungkin akan berbeda di tiap wilayah. 

NJOPTK bagi wajib pajak berlaku sekali dalam setahun. Jika wajib pajak memiliki dari satu objek pajak, maka pengurangan Nilai Jual Objek Tidak Kena Pajak hanya mengacu pada satu objek yang bernilai paling besar. Kemudian, nilai tersebut tidak bisa digabungkan dengan objek pajak lain milik wajib pajak.

Selanjutnya, NJKP termasuk dalam perhitungan pajak terutang. Rincian persentasenya adalah sebagai berikut: 40% untuk objek pajak perkebunan, objek pajak kehutanan, dan objek pajak pertambangan.

Khusus untuk objek pajak rumah dan apartemen pada Pajak Perdesaan dan Perkotaan, perlu dilihat terlebih dahulu nilai NJOP-nya. Jika nilainya lebih besar dari Rp1 miliar, maka persentasenya 40%. Sedangkan jika di bawah Rp1 miliar, persentasenya 20%.

Berikut adalah rumus untuk menghitung PBB:

NJOP = (NJOP Bumi = luas tanah x nilai tanah) + (NJOP Bangunan = luas bangunan x nilai bangunan).

NJOPTKP = Rp12.000.000

NJOP perhitungan PBB = NJOP – NJOPTKP

NJKP = 40% dari NJOP atau 20% dari NJOP untuk perhitungan PBB

PBB terutang = 0,5% x NJKP (jumlah PBB mesti dibayar tiap tahun)

Demikian panduan kami tentang cara cek tagihan PBB online serta prosedur lainnya yang anda butuhkan untuk melakukan pembayaran PBB. Dengan tersedianya akses online, tentunya anda dapat lebih mudah membayar pajak bumi dan bangunan. Ingat untuk membayar tagihan PBB dengan tepat waktu ya, selamat mencoba!