Cek berkas BPN online

Cek berkas BPN online bisa Anda lakukan menggunakan berbagai macam cara. Mulai dari KiosK, dengan mengunjungi situs resmi BPN, menggunakan aplikasi BPN Go Mobile, maupun dengan menggunakan Sentuh Tanahku.

Pada saat ingin melakukan transaksi jual beli tanah kita sering menemui permasalahan seputar keaslian sertifikat tanah, apalagi jika tanah tersebut merupakan tanah warisan. Hal ini bisa kita atasi dengan melakukan pengecekan, untuk itu kita harus paham betul mengenai cara mengecek berkas BPN online.

Di Indonesia sendiri juga sering kita temui berbagai permasalahan seputar sertifikat tanah. Kita sering mendengar adanya sertifikat bodong dan duplikasi sertifikat asli. Sertifikat bodong merupakan bentuk manipulasi sertifikat yang bisa merugikan pihak pembeli. 

Cek Berkas BPN Online

Jika Anda ingin melakukan cek berkas BPN online, maka Anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang sudah ada pada Google Play Store. Untuk Anda para pengguna iOS Anda bisa mengunduh pada App Store. 

Dengan begitu Anda bisa melakukan cek berkas BPN online, dan mengetahui status pengerjaan sertifikat tanah Anda, Anda bisa memanfaatkan beberapa macam aplikasi seperti aplikasi Sentuh Tanahku.

Setelah Anda melakukan pengunduhan, maka Anda bisa melanjutkan terlebih dahulu proses aktivasi. Anda cukup mengkonfirmasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kantor pertanahan yang terdekat dengan lokasi tersebut.

Sedangkan cara cek berkas BPN Anda secara online, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.:

  1. Login pada aplikasi Sentuh Tanahku yang Anda miliki
  2. Klik menu Info Berkas pada layar utama aplikasi
  3. Pilih nama Kantor Pertanahan yang Anda jadikan tempat mengajukan berkas 
  4. Masukan nomor urut berkas yang Anda dapatkan
  5. Masukan tahun pengajuan berkas yang Anda lakukan
  6. Terakhir silahkan Anda klik tombol Proses
  7. Setelahnya, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mulai dari nama pemohon, alur berkas Anda secara rinci, berserta dengan nama petugas yang bertanggungjawab dan tanggal pengerjaannya. 

Selanjutnya jika Anda ingin melakukan cek keaslian sertifikat tanah, Anda bisa langsung datang pada kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dengan mengikuti panduan yang ada pada Pasal 34 PP No. 24 Tahun 1997, Anda bisa melakukan cek keaslian sertifikat BPN yang sesuai dengan peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur, dan buku tanah.

Umumnya waktu yang mereka butuhkan dalam melakukan pengecekan keaslian sertifikat tanah tidak terlalu lama, Anda bisa melakukannya dalam kurun waktu satu hari saja. Dengan begitu Anda akan dapat mengetahui keaslian dari sertifikat BPN tersebut. Apabila sertikfikat tersebut memang aman dan asli, maka mereka akan memberikan cap resmi pada sertifikat tersebut. Namun jika BPN menemui adanya kejanggalan, maka mereka akan mengajukan adanya plotting.

Plotting merupakan sebuah upaya pengajuan dari pihak BPN kepada pihak pemohon, yang dapat berupa individu maupun notaris. Pengajuan tersebut akan bertujuan untuk memastikan kebenaran dari data sertifikat tersebut. Upaya Plotting akan dilakukan menggunakan GPS (global positioning system) agar bisa dimasukkan ke dalam peta pendaftaran.

Nantinya, hasil plotting tersebut akan bisa menunjukkan kebenaran tentang adanya lahan kepemilikan pada lokasi tersebut.

Peta BPN Online

Peta BPN online dari peta.bpn.go.id

Kementerian Agraria dan Tata Ruang sudah menyediakan akses informasi mengenai urusan pertanahan, informasi yang ada pada situs tersebut juga selalu update dan akurat. Anda bisa mengakses peta tersebut pada peta BPN online melalui bhumi.atrbpn.go.id.

Peta BPN online sendiri merupakan sebuah peta dengan berbagai macam fitur seperti informasi mengenai bidang, peta nilai bidang tanah, informasi bidang tanah yang sedang dalam proses pengumuman, zonasi nilai tanah, peta indikatif penghentian pemberian izin baru (PIPPIB), berbagai macam informasi mengenai pembagian kawasan hutan, lahan baku sawah, penetapan lahan yang akan digunakan sebagai sawah, hingga penggunaan tanah.

Saat Anda sedang melakukan pengajuan pengecekan maka Anda bisa melakukan cek berkas BPN secara online.

Persyaratan saat Cek Berkas BPN

Saat Anda ingin melakukan cek keaslian sertifikat tanah, maka Anda harus mempersiapkan berbagai macam berkas, apalagi jika Anda ingin melakukan pengecekan langsung ke BPN. Persyaratan dalam cek berkas BPN adalah sebagai berikut.

  • Sertifikat tanah asli yang ingin Anda periksa.
  • Surat tugas atau surat kuasa dari PPAT jika ingin mewakilkan kepada pegawainya
  • Permohonan pengecekan sertifikat yang bisa Anda dapatkan di BPN
  • Fotokopi KTP dari sang pemilik sertifikat
  • Biaya administrasi Rp50.000

Baca juga: Objek Pajak: Pengertian dan Beberapa Jenisnya

Loket BPN Online

Saat ini pemerintah sudah menyediakan layanan resmi pada beberapa kantor wilayah pada bidang pertanahan, masing-masing dari wilayah tersebut juga sudah memiliki situs resmi. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan situs tersebut sebagai loket BPN online. 

Loket BPN online ini juga sudah tersebar pada berbagai macam wilayah yang ada di Indonesia, Anda bisa melakukan cek wilayah pada situs resmi BPN.

Anda bisa melakukan cek sertifikat BPN secara online dengan menggunakan berbagai macam aplikasi, seperti yang ada di bawah ini. 

1. KiosK

KiosK adalah salah satu platform media informasi pertanahan yang ada pada ruang pelayanan Kantor Pertanahan. Melalui KiosK kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi terkini secara mandiri dan gratis, sehingga kita tidak perlu melakukan antri untuk bertemu petugas pada loket.

Informasi yang ada pada aplikasi KiosK berisi tentang berbagai macam jenis pelayanan di bidang pertanahan. Anda bisa mengetahui berbagai macam persyaratan, jangka waktu, alur proses penyelesaian dari sebuah berkas, informasi mengenai biaya layanan, beserta simulasinya.

Dengan menggunakan platform KiosK Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap terkait hasil layanan pertanahan. Anda bisa mengetahui jumlah penerbitan sertifikat, jumlah nilai jual beli yang sudah terjadi, nominal nilai Hak Tanggungan, sampai dengan nilai BPHTB/Pph. Anda juga bisa memanfaatkan KiosK untuk melakukan pengaduan serta pemberian kritik dan saran terkait layanan dari BPN.

2. Sentuh Tanahku

Badan Pertanahan Nasional juga sudah menyediakan sebuah terobosan berupa aplikasi khusus yang bernama Sentuh Tanahku. Anda bisa menggunakan aplikasi ini pada Android maupun iOS.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan agar masyarakat bisa memperoleh informasi resmi dari BPN secara lebih cepat dan tanpa harus melakukan kontak langsung. Ada berbagai macam fitur pada aplikasi ini mulai dari Notifikasi pop up, Info Berkas untuk cek status berkas Anda, Plot Bidang Tanah yang ingin Anda periksa, Info Sertifikat Tanah, Lokasi Bidang Tanah yang ingin Anda ketahui statusnya, dan Info Layanan.

Aplikasi ini sangat praktis dan bisa Anda gunakan pada smartphone saja, dengan begitu Anda bisa mencari tahu seluruh informasi mengenai persyaratan, proses pengurusan sertifikat tanah yang sedang Anda lakukan, mengetahui lokasi suatu bidang tanah yang ingin Anda periksa, dan mengetahui prediksi perhitungan biaya sebagai simulasi Anda.

Langkah-langkah dalam melakukan cek keaslian sertifikat tanah dengan menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku adalah sebagai berikut ini. 

  1. Sebagai pengguna baru maka Anda harus melakukan pendaftaran diri untuk menjadi pengguna baru pada aplikasi Sentuh Tanahku.
  2. Sedangkan untuk Anda yang ingin menggunakan fitur seperti Info Berkas dan Info Sertifikat, maka terlebih dahulu Anda harus melakukan pendaftaran pada Badan Pertanahan Nasional.
  3. Silahkan Anda isi Formulir Verifikasi Pengguna Aplikasi Sentuh Tanahku.
  4. Kemudian Anda lampirkan data diri berupa fotokopi KTP dan sertifikat tanah.
  5. Selanjutnya, pengguna yang terverifikasi bisa menggunakan berbagai macam fitur tambahan, seperti informasi mengenai daftar sertifikat, daftar berkas yang sedang diproses, dan berbagai informasi lain terkait Badan Pertanahan Nasional.

Penutup

Kemajuan teknologi membuat berbagai macam urusan menjadi lebih mudah, termasuk dalam hal cek berkas. Dengan memanfaatkan KiosK dan Sentuh Tanahku kita bisa melakukan cek sertifikat BPN secara online tanpa harus antri dan memakan banyak biaya. Semoga informasi yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda dan menjadi pedoman untuk mempelajari cara cek berkas BPN online.