cara bayar pajak motor di indomaret

Apakah Anda sudah menunaikan kewajiban Anda dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor? Sebaiknya Anda tidak terlambat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor mulai dari sepeda motor ataupun mobil agar tidak terkena denda. Karena keterlambatan satu hari saja dalam pembayaran pajak maka dendanya akan sama dengan satu bulan. Tata cara bayar pajak motor di Indomaret berikut dapat memudahkan Anda.

Kendaraan yang memiliki keterlambatan pembayaran pajak juga memiliki resiko yang tinggi untuk terkena tilang dan akan membuat Anda sangat tidak nyaman dalam berkendara. Untungnya pemerintah sudah mempermudah proses pembayaran pajak bermotor, saat ini Anda bisa memilih berbagai macam cara bayar pajak motor dengan mudah.

Anda sudah tidak perlu lagi untuk harus datang menuju ke Samsat maupun mengikuti jadwal keliling agar dapat melakukan pembayaran pajak tahunan. Anda bisa menggunakan cara bayar pajak motor di Indomaret dengan sangat mudah dan praktis.

Kemudahan Cara Bayar Pajak Motor

Membayar pajak kendaraan bermotor adalah sebuah kewajiban yang harus kita penuhi sebagai para pemilik sepeda motor. Agar bisa menyediakan bagi masyarakat Indonesia, Samsat sudah menyediakan berbagai macam pilihan dalam pembayaran pajak mulai dari e-samsat, melalui Indomaret, hingga beberapa alternatif lain seperti cara bayar pajak motor di indomaret. Kini masyarakat di seluruh Indonesia bisa menikmati kemudahan tersebut.

Layanan ini tentu akan sangat memudahkan bagi Anda yang sering sibuk dengan pekerjaan, dan tidak sempat melakukan antri pada samsat maupun layanan fisik lainnya. Anda hanya perlu mengunjungi Indomaret terdekat yang ada di wilayah Anda untuk dapat bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan menunggu agar STNK baru Anda dikirim langsung ke alamat. 

Selain memiliki keunggulan seperti bebas antrian, kemudahan cara bayar pajak ini juga akan menghindarkan Anda dari jeratan calo, pungli, dan berbagai macam pungutan liar lainnya.

Kehadiran calo tentu akan menimbulkan beberapa keresahan seperti biaya pembayaran pajak yang menjadi jauh lebih mahal. Dengan menerapkan cara bayar pajak motor di indomaret yang bisa Anda lakukan secara langsung, Anda bisa menghemat biaya perjalanan dan menghemat waktu dalam proses pembayaran pajak.

Baca juga: Cara Cek Berkas BPN Online 2022

Syarat Bayar Pajak Motor

Sebelum Anda ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor Anda, maka ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Beberapa persyaratan tersebut bisa Anda simak pada daftar berikut ini. 

  • Surat BPKB

BPKB akan menjadi syarat utama dalam melakukan pembayaran pajak motor di Indomaret. Pastikan Anda sudah memiliki salinan dari BPKB Anda minimal 1 lembar. Tentu ada pula dari Anda yang masih belum memiliki surat BPKB, meski begitu Anda tidak perlu khawatir. Anda masih bisa melakukan pembayaran pajak motor dengan cara meminta surat keterangan dari leasing yang bersangkutan. Surat keterangan tersebut akan berisi keterangan mengenai bukti kepemilikan kendaraan.

  • E-KTP

Syarat kedua yang harus Anda perhatikan adalah kelengkapan dari e-KTP pemilik kendaraan. Anda bisa menyalin surat tersebut sebanyak 1 lembar. Salinan dari E-KTP ini sebaiknya Anda sediakan dalam kualitas tampilan yang jelas dan baik. 

  • STNK 

Syarat berikutnya yang harus Anda penuhi dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK dari kendaraan yang ingin Anda bayarkan pajaknya. Anda bisa menyalin berkas tersebut sebanyak satu kali saja. STNK tersebut juga harus Anda salin secara bolak balik dengan tampilan yang cukup jelas.

  • Jadwal Pembayaran

Persyaratan lain yang harus Anda pastikan adalah tanggal pembayaran yang sesuai. Anda harus melakukan pembayaran dengan tepat waktu, jadi pastikan bahwa Anda tidak telat membayar lebih dari sebulan. 

  • Alamat Email dan Nomor Handphone

Apabila Anda ingin menggunakan layanan samsat online maka ada syarat tambahan yang harus Anda penuhi, yakni alamat email dan nomor handphone yang masih aktif. Email ini akan berperan sangat penting dalam penyampaian informasi terkait berkas-berkas yang Anda kirim, serta berbagai macam proses kelanjutan setelahnya. 

Selain email, Anda juga harus mempersiapkan sebuah nomor handphone aktif yang akan memberikan kemudahan bagi pihak Samsat dalam menghubungi Anda.

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Bagi Anda yang ingin menghindari antrian panjang pada samsat, dan tidak terlalu familiar dengan penggunaan aplikasi maka Anda bisa melakukan pembayaran Pajak Motor melalui Indomaret. Jika Anda lebih memilih membayar pajak secara online, beberapa provinsi menyediakan website seperti info.dipendajatim.go.id/esamsat/ untuk mempermudah anda. Selengkapnya Anda bisa cek di artikel kami mengenai cara bayar pajak motor online.

Beberapa orang memang akan lebih nyaman melakukan transaksi di Indomaret jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi samsat online, karena merasa diri mereka kurang mampu memahami proses yang ada di dalamnya. Maka dari itu pilihan pembayaran pajak motor dengan menggunakan Indomaret bisa menjadi opsi yang cukup menyenangkan.

Berikut ini adalah tata cara bayar pajak motor di indomaret secara lengkap:

  1. Pertama silahkan Anda datangi gerai Indomaret terdekat
  2. Kemudian silahkan Anda cari mesin monitor yang biasa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan. Biasanya mesin tersebut akan berada di dekat pintu masuk dan memiliki layar sentuh layaknya mesin ATM. Apabila tidak ada silahkan tanyakan pada petugas kasir Indomaret.
  3. Apabila Anda sudah menemukan mesin tersebut, maka silahkan ketikkan Samsat pada kolom pencarian yang ada pada layar touch screen tersebut.
  4. Apabila sudah muncul pilihan samsat maka silahkan Anda klik menu tersebut.
  5. Silahkan Anda isi data yang sesuai pada kolom yang tersedia pada layar monitor, mulai dari data diri nomor KTP, nomor plat kendaraan yang ingin Anda bayarkan, nomor mesin kendaraan, serta nomor ponsel Anda yang masih aktif. Anda bisa melihat informasi tersebut melalui berkas salinan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya..
  6. Setelah data yang sudah Anda masukkan dirasa benar, maka silahkan klik SUbmit atau OK, maka pada layar akan muncul nominal tagihan pajak yang harus Anda bayarkan.
  7. Klik Cetak untuk mencetak invoice pembayaran Anda.
  8. Berikan struk invoice tersebut pada kasir Indomaret yang bertugas.
  9. Kasir Indomaret akan memproses struk tersebut, silahkan Anda tunggu hingga Anda mendapatkan SMS yang akan masuk pada nomor. SMS tersebut akan berisi informasi mengenai Electronic Registration and Identification.
  10. Buka SMS tersebut.
  11. Lakukan instruksi sesuai dengan SMS yang masuk.
  12. Setelah itu Anda bisa melanjutkan pembayaran pajak di kasir, Anda bisa membayar dengan menggunakan cash, kartu debit, maupun beberapa pembayaran lainnya yang ada pada Indomaret.
  13. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran Pajak Motor Anda.
  14. Setelah itu Anda harus melakukan proses pengesahan STNK baru pada Polsek atau Polres yang bersangkutan.
  15. Bawa Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP), yang ada pada ponsel Anda beserta dengan bukti pembayaran dari kasir Indomaret. 
  16. Setelah itu Anda bisa melanjutkan untuk mencetak lembaran pajak yang akan menyatu dengan STNK Anda.

Penutup

Membayar pajak kendaraan bermotor terkadang memang akan sangat menyulitkan bagi kita yang ingin menghindari keramaian di masa pandemi ini. Apalagi bagi kita yang tidak memiliki banyak waktu untuk antri pembayaran pada samsat. Cara bayar pajak motor di Indomaret memang akan sangat memudahkan bagi kita untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kita hanya perlu mempersiapkan berkas persyaratan pembayaran pajak motor dan mendatangi gerai Indomaret terdekat. Semoga informasi diatas bisa menjadi pedoman Anda dalam melakukan pembayaran pajak motor, hati-hati dalam menyimpan informasi pribadi Anda dan jangan sampai tersebar pada orang lain. Selamat mencoba dan semoga berhasil!