Membayar pajak adalah hal wajib untuk semua rakyat di Indonesia, personal ataupun perusahaan. Saat ini membayar sudah lebih mudah dengan tersedianya pajak online yang bisa dilakuakan via internet dimana saja.

Terdapat dua aplikasi untuk keperluan pembayaran pajak dan pengiriman pelaporan perpajakan, yaitu melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Online atau bisa juga melalui OnlinePajak.

Pada artikel kali ini kita akan bahas tentang online pajak secara lengkap untuk membantu memberikan informasi terkait online pajak.

Apa Itu Online Pajak?

OnlinePajak adalah aplikasi pajak berbasis online yang memudahkan perusahaan untuk menghitung, menyetor dan melaporkan pajak.

Aplikasi ini dirancang supaya setiap orang, termasuk orang yang sebelumnya tak paham pajak pun, mudah mengurus perpajakan, termasuk mengikuti aturan PPh 23 dan PPN.

Dengan aplikasi OnlinePajak prosesnya menjadi sangat sederhana. Bahkan, tidak perlu mengunduh atau menginstalasi, karena semuanya berbasis internet dan penggunaannya user-friendly.

Dengan aplikasi OnlinePajak, semua proses mulai dari hitung, setor dan lapor pajak menjadi satu tempat dan bisa dilakukan secara online.

Mengapa Online Pajak?

  • Akurat : OnlinePajak memastikan perhitungan pajak Kamu 100% akurat.
  • Praktis : Tidak perlu download atau install aplikasi, sepanjang Kamu terhubung dengan internet, Kamu bisa membuat dan mengirim laporan pajak dari mana saja dan kapan saja.
  • Mudah Diakses : OnlinePajak mudah diakses dengan menggunakan berbagai sistem operasi komputer (misal: Windows, Linux dan MC).
  • Efisien : Cukup input rincian faktur Kamu, maka e-Faktur, laporan PPN dan laporan PPh Kamu dapat selesai dan langsung dilaporkan dengan fitur e-Filling.
  • Fleksibel : Kamu dapat mengundang kolega dalam jumlah tak terbatas untuk mengakses akun Kamu.

Kelebihan Online Pajak

OnlinePajak merupakan software pajak praktis yang memberikan Kamu kenyamanan mengitung , menyetor, dan melapor pajak secara online.

Hemat waktu dan tenaga dalam melapor pajak setiap bulan

Hanya dengan menginput dan menyimpan data invoice Kamu, semua form pajak akan diisi secara otomatis untuk Kamu.

Tidak perlu hitung dan isi informasi pajak secara manual, tinggal tunggu dan download file pajak, setelah laporan selesai diproses.

Kolaborasi langsung dengan atasan atau bawahan Anda

Dapatkan akses multi-user yang tak terbatas untuk akun perusahaan Kamu.

Tambahkan user sebanyak yang Kamu inginkan, dan tentukan peran untuk setiap user.

Hindari download atau instalasi

Tanpa download atau instalasi software, dan dapat diakses melalui operating sistem (OS) apa saja.

Tidak ingin memenuhi memori komputer Kamu dengan file yang terlalu banyak, atau memori komputer sudah tidak cukup? Jangan khawatir, Kamu dapat backup dan simpan data secara online, dan membuka aplikasi melalui Windows, Mac, Linux, dan berbagai OS lainnya yang ada.

Pastikan hitungan pajak Kamu akurat

Hindari pembetulan dengan menggunakan software OnlinePajak yang dapat menghitung pajak Kamu secara akurat.

Pastikan keamanan data Kamu

Software OnlinePajak mengenkripsi informasi Kamu menggunakan protokol SSL, seperti yang digunakan oleh situs e-commerce ternama lainnya.

OnlinePajak memastikan saat Kamu membuat laporan Kamu secara online, semua data perusahaan Kamu aman dan terproteksi.

Online Telah Disahkan Oleh Direktorat Jendral Pajak

OnlinePajak telah disahkan sebagai Penyedia Jasa Aplikasi (ASP) resmi yang dapat menyalurkan Surat Pemberitahuan secara elektronik ke Direktorat Jenderal Pajak dengan Surat Keputusan No. KEP-25/RJ/2015 pada tanggal 18 Februari 2015.

Hitung Pajak Perusahaan Kamu Dengan Mudah Secara Online

Sistem administrasi pajak di Indonesia sangat dikenal oleh para wajib pajak dengan prosesnya yang rumit dan melelahkan.

Walau sejujurnya tidak sulit, namun karena banyak dan lamanya rincian yang harus ditangani, maka pilihan untung melaksanakan administrasi pajak, khususnya hitung online pajak perusahaan menjadi opsi yang menarik bagi kita semua.

Dengan aplikasi pajakonline, Kamu tidak hanya dapat menghitung, tetapi juga setor dan lapor semua pajak Kamu secara online. Fitur yang digunakan untuk hitung online pajak perusahaan:

Satu kali input data

Jika Kamu sudah sering menyusun laporan pajak Kamu, maka Kamu pasti familiar dengan berbagai formulir pajak yang memerlukan atensi Kamu yang tak terbagi, khususnya waktu kamu.

Sesungguhnya, ini semua dapat di minimalisir bahkan dihindari, jika semua informasi yang sama hanya perlu dimasukkan sekali saja, tanpa perlu mengulanginya di setiap lembar halaman formulir berikutnya.

Untungnya, sistem ini dapat melakukan hal ini untuk Kamu.

Aplikasi pajak online hanya memerlukan Kamu untuk menginput data sekali saja, dan di setiap field yang harus diisi dengan informasi yang sama, akan diinput secara otomatis oleh sistem.

Tarif dikalkulasi secara otomatis

Dengan menginput nilai dari setiap transaksi kena pajak, sistem OnlinePajak akan mengkalkulasi secara otomatis dengan tarif yang sesuai dengan peraturan pemerintah terkini.

Jika terdapat perubahan dalam peraturan yang akan mempengaruhi nilai tarif, maka sistem OnlinePajak akan ter-update secara otomatis, memastikan hitungan online pajak perusahaan Kamu akurat.

Proses step-by-step yang simpel

Sistem ini sangatlah simpel, dan mudah digunakan. Dilengkapi dengan kerangka kerja step-by-step, setiap tahap harus diisi dengan benar sebelum Kamu dapat maju ke tahap berikutnya.

Setiap proses akan dianalisa, memastikan tidak ada kesalahan dalam data pada laporan yang dibuat.

Setor Pajak Dengan Aplikasi Pajak Online

Proses administrasi pajak dapat menjadi pekerjaan yang cukup memakan waktu. Dari menyusun dokumen dan menghitung pajak, mengatur pembayaran secara reguler, serta melapor pajak ke KPP secara rutin.

Seluruh proses tersebut dapat menjadi lebih mudah untuk dijalankan, jika dapat diatur dengan menggunakan satu sistem administrasi pajak online yang terintegrasi.

Untungnya dengan OnlinePajak, hal ini dapat dilakukan.

Saat ini, tersedia beberapa aplikasi pajak online yang digunakan untuk menyusun laporan pajak Kamu, namun hampir tidak ada yang dapat menyediakan fitur yang dapat setor online pajak perusahaan Kamu di Indonesia.

Untungnya, fitur ini tersedia dalam sistem OnlinePajak. Berikut beberapa keuntungan OnlinePajak jika Kamu gunakan untuk menyetor pajak Kamu.

PEMBAYARAN LANGSUNG SECARA ONLINE YANG AMAN

Sistem OnlinePajak menyediakan prosedur keamanan jaringan yang mengikuti standar international peraturan privasi data dan menghindari potensi pelanggaran data dan informasi.

Dengan demikian, Kamu dapat membayar pajak Kamu dengan aman dari lokasi mana pun, baik kantor atau rumah, dan kapan pun juga, siang atau malam.

Juga, karena pembayaran dilakukan langsung dari aplikasi yang sama dimana kamu menyusun dan menghitung pajak perusahaan kamu, hal ini akan melimitasi kemungkinan kesalahaan input data, sehubungan dengan jumlah setoran yang harus Kamu bayar.

Bukti setoran yang disimpan secara online

Kamu akan dapat menyimpan seluruh bukti pembayaran secara online, tanpa harus menginput ulang data apapun juga.

Berbeda kasusnya jika pembayaran dilakukan secara manual, atau secara online dengan aplikasi terpisah dari yang digunakan untuk menyusun laporan.

Dengan menggunakan aplikasi kami untuk setor online pajak perusahaan Kamu, maka Kamu dapat menyimpan seluruh data transaksi dalam satu sistem, dimana Kamu juga dapat menyimpan laporan pajak lain, seperti faktur dan formulir yang akan dilaporkan.

Mengatur laporan Kamu secara langsung

Setelah setoran selesai, melalui landasan yang sama, Kamu dapat melanjutkan untuk menyelesaikan laporan pajak sebelum dikirimkan secara online ke kantor pajak.

Hal ini dapat menghemat waktu dan menghindari kemungkinan Kamu menunda untuk menyelesaikan laporan pajak Kamu.

Lapor Pajak Dengan Aplikasi Pajak Online

Ketidaknyamanan dalam melapor pajak secara manual, karena wajib pajak mengantri berjam-jam adalah sebuah masalah yang dihadapi tidak hanya oleh orang pribadi, tetapi juga oleh wajib pajak badan.

Lebih buruknya lagi, permasalahan ini dihadapi paling tidak sebulan sekali, ketimbang satu tahun sekali.

Saat ini, terdapat beberapa jasa yang menyediakan fitur lapor pajak dengan aplikasi pajak online.

Namun, dengan menggunakan sistem OnlinePajak, Kamu akan menemukan ragam keuntungan yang belum tentu dapat ditemukan pada aplikasi lainnya. Berikut beberapa keuntungan yang dimaksud:

Terintegrasi dengan Fitur Inti Lainnya: Hitung dan Setor

Sebelum Kamu mulai melapor pajak Kamu ke kantor pajak, tentunya Kamu perlu menghitung dan menyetor pajak yang dimaksud terlebih dahulu.

Biasanya, di antara proses menyusun laporan, dengan melapor, terdapat gap dimana aplikasi lain tidak dapat penuhi, pembayaran pajak secara online.

Pembayaran online umumnya dilakukan melalui software berbeda, yaitu software dari bank dimana transaksi atau pembayaran tersebut dilakukan.

Tetapi, dengan OnlinePajak bukanlah demikian, karena sistem OnlinePajak terintegrasi dengan 3 fitur inti, yaitu Hitung, Setor, dan Lapor.

Akses yang Mudah

Sistem ini dapat diakses secara online, tanpa harus melakukan pengunduhan atau instalasi apapun juga.

Terlebih lagi, Kamu dapat menggunakan operating system apa pun juga, seperti Windows, Linux dan Mac. Ini berarti Kamu dapat mengoperasikan aplikasi OnlinePajak dari handphone, komputer, ataupun tablet Kamu.

Catatan atas laporan pajak yang sudah dikirim, disimpan dalam sistem untuk Kamu, yang dimana datanya dapat digunakan untuk masa pajak berikutnya.

Kirim laporan Kamu dari lokasi mana pun dan di waktu kapan pun juga.

Hemat Waktu

Berdasarkan laporan PricewaterhouseCoopers dan World Bank, “Paying Taxes 2014”, pada umumnya perusahaan Indonesia menuangkan waktu sebanyak 21.5 jam per bulan untuk menghitung, menyetor, dan melapor pajak.

OnlinePajak dapat meminimalisir waktu administrasi perpajakan yang digunakan oleh bisnis Kamu dengan menggunakan fitur-fitur yang mudah dan terintegrasi.

Tanpa perlu membuka aplikasi lain, proses pelaporan pajak Kamu akan semakin lancar dan Kamu pun dapat kembali fokus pada bisnis Kamu!

Kesimpulan

OnlinePajak dan DJP Online dibuat untuk memudahkan para pembayar pajak dalam melaporkan pajak online mereka.

Keduanya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Namun, jika kita lihat dari segi fitur, OnlinePajak lebih menawarkan kemudahan dibandingkan DJP Online.

Sekarang Anda sudah tahu dan bisa mencermati sebelum memilih aplikasi e-Filing yang sesuai dengan kebutuhan.

Yang pasti keduanya dapat digunakan untuk melakukan e-Filing. Dengan keduanya, Anda dapat melakukan kewajiban pajak terhadap negara dengan lebih mudah, efisien, dan tidak perlu repot lagi berpeluh atau mengantre selama berjam-jam.

Dalam urusan perhitungan pajak dan pengelolaan keuangan bisnis atau perusahaan, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi modern seperti MASERP.

Jangan sampai Anda tidak paham mengenai perhitungan pajak penghasilan perusahaan karena laporan keuangan yang tidak sesuai dapat dikenakan audit dan denda dari petugas.

Sudah saatnya Anda memiliki software yang dapat mentracking performa bisnis secara real time kapan pun dan darimana pun.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat & salam sukses!